10 Ide Denah Rumah Kecil 1 Lantai

Bagi keluarga muda, memiliki sebuah rumah sendiri tentu merupakan sebuah cita-cita dan impian yang ingin secepatnya diwujudkan. Sebuah rumah kecil yang nyaman sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal keluarga baru yang biasanya baru terdiri dari 2 hingga 3 anggota keluarga.

Apakah akan membeli rumah jadi dari developer / pengembang atau berencana membangun rumah sendiri di atas lahan kosong yang sudah dibeli, tentunya merupakan pilihan yang sama-sama menarik untuk dipertimbangkan.

Tata ruang atau layout denah bangunan merupakan satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang karena itu menyangkut kebutuhan, fungsi, kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya.

Berikut ini beberapa contoh desain denah layout tata ruang rumah tinggal kecil 1 lantai yang dapat dijadikan pertimbangan dalam membeli atau membangun rumah baru:



1. Rumah kecil 2 kamar dengan fungsi lengkap dan memiliki taman belakang untuk pengudaraan dan pencahayaan setiap ruangnya.

 

2. Rumah 2 kamar + 1, dengan tambahan ekstra lantai di atasnya untuk area servis. Setiap ruang dalam bangunan tetap memiliki akses bukaan ke taman luar untuk pencahayaan dan pengudaraan alami.

3. Untuk sebuah rumah kecil, rumah ini memiliki lebar lahan ekstra yaitu 8 meter. Lebar lahan 8 meter sangat menguntungkan untuk mendapatkan ruang-ruang yang lebih lega. Taman indoor disediakan untuk memberikan akses bukaan bagi setiap ruangnya. Kamar belakang tidak memiliki bukaan langsung keluar tetapi dia mendapatkan luasan ekstra sebagai kompensasinya.

 

4. Rumah 2 yang dikembangkan secara simpel. Penambahan dapur yang cukup lega dengan akses bukaan maksimal ke taman belakang ( pojok kiri belakang).

5. Rumah lebar 7 meter di mana ruang-ruangnya dibuat sangat ideal. Setiap ruang memiliki luasan yang cukup serta bukaan langsung ke taman. Setiap ruang menjadi terang, sehat, nyaman dan memiliki view menarik ke arah taman hias.

 

6. Dari sisi kenyamanan dan kemudahan menata ruang, rumah dengan lahan lebar di atas 6 meter memang mimiliki keunggulan tersebut. Kita bisa memperoleh ruang-ruang bersama yang lebar serta ruang luar yang dapat meningkatkan kualitas ruang-ruang dalam.

 

7. Rumah dengan lebar lahan 5 meter ini sangat menarik. Hanya memiliki lebar 5 meter saja tetapi tetap diupayakan agar setiap ruang nyaman dan sehat. Taman tengah sengaja dibuat untuk memberikan kenyamanan tersebut yang tentunya mengorbankan luasan bagian dalam bangunan. Memang, apa artinya memiliki rumah luas tetapi pengap dan tidak nyaman apabila tidak memiliki bukaan ke taman luar, bukan?



8. Dengan lebar 8 meter, menjadikan rumah ini sangat ideal untuk sebuah rumah kecil. Taman belakang yang masih luas serta banguna nyang tampak lebar, menciptakan kualitas ruang dalam yang baik, di mana, semua fungsi ruang terpenuhi dan mendapatkan akses langsung ke luar ruang melalui bukaan-bukaan jendela.

 

9. Selain memiliki lebar lahan yang sempit, lahan rumah ini juga bisa dibilang sangat pendek, hanya 10 meter saja panjangnya ke dalam. Di sini kita mengorbankan lahan di samping kiri sebagai ruang terbuka untuk akses bukaan cahaya dan udara bagi kamar belakang dan kamar mandi, meskipun dapur tidak memiliki akses ke ruang terbuka. Tetapi dapat disiasati dengan menggunakan skylight tepat di atas dapur.

 

10. Rumah ini ingin memaksimalkan taman sebagai elemen dari desain. Kita lihat taman belakang sangat luas dengan lebar 7 meter dan panjang ke dalam 4,5 meter, menunjukkan bahwa rumah ini masih dapat dikembangkan lebih jauh ke belakang. Misalnya, jumlah anggota keluarga bertambah dan membutuhkan ruang tambahan di belakang, maka, rumah ini sudah menyediakan semua yang dibutuhkan.

Demikian kiranya beberapa ulasan mengenai ide desain denah tata ruang rumah kecil 1 lantai, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi teman-teman yang berencana membangun / membeli rumah baru.

Sumber gambar : google search image

Sumber teks artikel : original by klikarsitek

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply